5 Bahasa Pemrograman Populer di Dunia - GudangArto

Breaking

GudangArto

Tutorial Menghasilkan Uang Dari Internet

BANNER 728X90

Tuesday, January 1, 2019

5 Bahasa Pemrograman Populer di Dunia



5 Bahasa Pemrograman Populer di Dunia




Seiring dengan berkembangnya dunia IT, bahasa pemrograman juga tentunya juga terus dikembangkan. Sesuai pula dengan kebutuhan yang bermacam-macam, perbedaan lingkungan dan aplikasinya, maka bahasa pemrograman bisa dipakai sesuai karakter dan kelebihannya masing-masing. Namun, beberapa bahasa pemrograman lebih populer dibanding yang lainnya. Apa saja bahasa pemrograman populer di dunia? Mari baca lebih lanjut artikel Dewaweb kali ini!

1. Java

Java telah berusia lebih dari 20 tahun. Bahasa pemrograman yang satu ini sudah dipakai oleh lebih dari 10 juta orang yang merupakan developer, dan juga diaplikasikan pada 15 miliar perangkat di dunia. Java bisa dijalankan di hardware maupun sistem operasi apapun lewat adanya Java Virtual Machine. Seluruh aplikasi Android yang ada di pasaran memakainya. Tak hanya itu, 90% dari perusahaan-perusahaan besar yang terdaftar di Fortune 500 juga ternyata memakai Java dalam mengembangkan back end dari teknologi/aplikasi mereka.

2. Phyton

Phyton ini merupakan bahasa pemrograman yang juga umum dipakai dalam mengembagkan website atau juga bisa dijadikan pendukung dalam mengembangkan software. Bahasa pemrograman yang satu ini sebenarnya digunakan secara luas bagi komputasi saintifik, data mining, dan juga machine learning. Kini kebutuhan pasar bisnis akan developer yang berfokus pada machine learning menjadikan Phyton populer. Jika Anda termasuk pengguna Instagram, YouTube, Reddit atau Anda mengenal Nasa, itu semua mengggunakan Phyton.

3. Javascript

Javascrit seringnya dianggap sebagai “bapak” dari semua bahasa pemrograman. Mengapa? Ini karena Javasript sangat populer di kalangan developer, hampir semua developer tahu Javascript. 80% developer dan 95% dari semua website yang ada di internet ternyata memang memakai bahasa pemrograman yang satu ini. Beberapa framework dari Javascript, semacam React dan AngiarJS memang punya potensi yang sangat baik seiring dengan kemajuan IoT atau popularitas dari perangkat mobile.
Apa itu IoT? Bacalah artikel kami berikut ini!

4. Swift

Swift ini merupakan bahasa pemrograman yang dibuat oleh Apple dan digunakan bagi iOS dan macOS. Swift dirilis pada tahun 2014. Bahasa pemrograman satu ini kemudian menjadi salah satu bahasa pemrograman yang popularitasnya terus-menerus meningkat. Memang kepopulerannya seiring dengan ketenaran produk-produk Apple itu sendiri.
Siapa pendiri Apple? Ayo ketahui dari artikel berikut ini!

5. PHP

Bahasa pemrograman populer terakhir yang akan kami bahas adalah PHP. PHP ini adalah bahasa pemrograman yang cukup banyak dipakai oleh para developer di seluruh dunia. Mengapa? Karena PHP sebenarnya banyak digunakan untuk menambahkan fungsi yang sebenarnya tidak dimiliki oleh HTML. Selain itu, karena PHP bisa berinteraksi dengan database MySQL. Itulah juga mengapa PHP seringnya juga dipakai buat dijadikan fondasi CMS semacam WordPress. Pernah pakai Facebook atau menggunakan Wikipedia? Keduanya juga pakai PHP.
Sumber artikel Dewaweb

No comments:

Post a Comment